Cara Merawat anak ayam bangkok

5 Cara Merawat Anak Ayam Bangkok

Ayam Bangkok bisa diperoleh dari keturuan induk ayam bangkok asli akan tetapi itu sajak tidak sebenarnya tidak cukup. Perawatan anak ayam bangkok juga penting untuk menentukan kualitas ayam bangkok tersebut nantinya. Berikut ini akan kami jelaskan sedikit pengetahuan dari Berita Sabung Ayam mengenai Cara merawat Anak Ayam Bangkok agar tumbuh besar dengan cepat.

Anak Ayam Bangkok

Anak Ayam Bangkok

Perawatan anak ayam bangkok selama ini kami lakukan tidak lepas dari lima cara utama yakni Kandang, Pakan, Suplemen, Cabut Bulu dan pemeliharaan dalam Kandang.

1. Kandang Anak Ayam Bangkok

Hal ini perlu diperhatikan dalam cara merawat anak ayam bangkok yang baru lahir yakni masalah kandang anak ayam tersebut.

Anak Ayam yang baru lahir hingga 3 hari ini pada umumnya masih pada kondisi kritis dan mudah mati. Perawatan ini untuk mengurangi jumlah kematian dan kerugian.

Perawatan anak ayam bangkok yang baru lahir adalah menjaga suhu dalam kandang supaya tetap hangat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Menjaga suhu kendang secara alami merupakan tugas dari induk babon ayam, maka dari itu anda bisa menempatkan induk dengan anak ayam yang baru lahir. Anda juga bisa menggunakan bantuan lampu bohlam untuk menjaga suhu dalam kandang anak ayam tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok

Mengatur suhu kandang menggunakan bohlam untuk kandang berukuran standar bisa menggunakan bohlam 5 watt.

Selain suhu kandang faktor penting lainnya adalah sirkulasi udara untuk kandang anak ayam yang baru lahir tersebut, sebaiknya dinding kandang memiliki rongga yang lebih rapat untuk mencegah aliran udara masuk secara langsung. Aliran udara secara langsung bisa mengakibatkan anak ayam tersebut mati dikarenakan bibit penyakit.

2. Pakan

Beberapa penghobi ayam biasanya beranggapan anak ayam pada usia 1-2 hari cukup diberi air saja. Kebutuhan nutrisi anak ayam masih dapat diperoleh dari kuning telur yang menempel pada bulunya. Lewat usia tersebut, pakan berupa pur dapat diberikan dalam jumlah wajar tentunya. Adapun Pakan Pur dicampuri bekatul dengan perbandingan 4:1.

3. Suplemen Tambahan

Pada Usia 1 Bulan, anak ayam bangkok harus diberikan pakan dengan komposisi yang berbeda. Pada peternak ayam biasanya memberi campuran pakan berupa Pur dan susu bubuk bayi dengan perbandingan 5:1.

Susu bubuk ini diberikan pada anak ayam bangkok sampai usia 4 bulan, dan ini akan mempengaruhi bentuk tulang, otot, bulu dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga : Kemampuan Ayam Bangkok Dalam Bertarung

4. Cabut Bulu

Bulu yang tumbuh pada anak ayam bangkok ternyata menghabiskan banyak porsi gizi dari makanan yang dikonsumsinya. Maka dari itu, anak ayam bangkok akan tumbuh lebih cepat bila Anda memotong sebagian bulunya terutama bagian dada dan paha.

Cabut bulu ini akan mengoptimalkan serapan makanan untuk pertumbuhan dan akan mempertebal kulit anak ayam tersebut.

5. Perawatan Intensif

Perawatan Anak Ayam Bangkok Aduan hingga usia 6 bulan atau sampai bulu lehernya tumbuh sebaiknya didalam kandang saja. Ini untuk menghindari energi ayam karena terlalu banyak bermain.

Energi yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhan tubuh akan berkurang maka dari itu waktu untuk bermain tidak lebih dari 30 menit setiap harinya.

Demikianlah 5 Cara Merawat Anak Ayam Bangkok agar cepat besar dan menghasilkan pertumbuhan yang optimal.

Berita Sabung Ayam – MasterBet77
Agen Sabung Ayam Online – S128 – SV388

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *