Cara Mengobati Penyakit Mata Pada Ayam Aduan

Cara Mengobati Penyakit Mata Pada Ayam Aduan Dan Jenis jenis Penyakit Mata

sabung ayam online – Mata merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk kemampuan ayam aduan pada saat bertarung dan juga saat melakukan serangan terhadap lawannya. Sudah pasti akan menjadi masalah yang besar apabila mata ayam tidak berfungsi dengan baik. Sebagai para botoh harus mengetahui bagaimana cara mengobati penyakit mata pada ayam aduan dan jenis penyakit mata karena apabila salah dalam memberikan obat akan membuat mata ayam semakin memburuk.

Kunci utama dalam memelihara ayam aduan harus sering di lakukan pengecekan secara rutin, perawatan dan latihan yang benar untuk ayam aduan. Ayam aduan jika terkena penyakit mata bisa di lihat ciri ciri gejalanya mata yang selalu belekan, mata sangat sulit terbuka. Penyakit mata ayam aduan juga bisa membuat penurunan nafsu makan. Sebelum melakukan cara mengobati penyakit mata pada ayam aduan harus mengenal jenis penyakit tersebut dahulu.

Setelah ayam sudah di adu bisa ada kemungkinan berbagai macam luka seperti luka robek atau pecah pada pinggiran mata. Luka tersebut di karenakan terkena pukulan jalu dari ayam lawannya. Apabila mata ayam sudah terkena pukulan dari jalu ayam lain sebaiknya di lakukan pertolongan pertama agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan oleh ayam aduan kesayangan. Jika tersebut hanya di diamkan saja akan membuat ayam menjadi cacat karena akan membuat ayam sulit untuk melihat.

Cara mengobati penyakit mata pada ayam aduan yang terkena jalu ayam lawan yang harus di lakukan dalam pertolongan pertama yaitu harus mencari beberapa lembar daun kelor. Di dalam daun kelor terdapat getah dan getah itu di gunakan untuk menyembuhkan penyakit mata pada ayam aduan yang terkena jalu ayam lawan. Setelah di beri getah tutup lukanya dengan plester. Lakukan pertolongan pertama ini dengan secara berkali kali dan secara rutin hingga mata ayam sudah sembuh. Mata ayam aduan bisa terkena macam macam penyakit selain terkena jalu ayam lawan bisa juga dairi infeksi cacingan, bakteri ataupun virus.

Cara mengobati penyakit mata pada ayam aduan dan jenis jenis penyakit mata sebagai berikut :

1. Penyakit mata ayam aduan karena terinfeksi cacingan

Cara mengobati penyakit mata pada ayam aduan di karenakan infeksi cacingan. Penyakit mata yang satu ini sangat jarang terjadi apabila ayam aduan kesayangan sempat terkena penyakit seperti ini tidak akan bingung bagaimana cara mengobatinya. Ciri ciri ayam terkena penyakit mata karena infeksi cacingan seperti ayam sering kali belekan, kelopak mata bengkak dan pada siang hari mata ayam aduan sulit untuk terbuka. Apabila ciri ciri seperti tadi sudah terlihat pada ayam aduan lebih baik di pastikan lagi dengan cara pegang ayam aduan dan buka matanya apabila di dalam mata ayam aduan terdapat cacing berwarna putih dengan seukuran rambut berarti itu sudah di pastikan penyakit mata di karenakan infeksi cacingan. Cara pengobatannya buat racikan obat mata dari daun daun tembakau. Berikan racikan daun tembakau sebanyak 3-5 tetes dan tunggulah 5 menit cacing akan keluar dari mata ayam aduan. Cara ini harus sering di lakukan sampai mata ayam aduan sudah benar benar sembuh.

2. Penyakit mata ayam aduan karena virus dan bakteri

Terkena virus dan bakteri memang sering di alami oleh binatang apapun. Apalagi untuk binatang ayam yang sangat mudah terkena virus dan bakteri. Ayam juga bisa terkena virus dan bakteri di karenakan perubahan cuaca atau pancaroba. Ciri ciri ayam aduan yang terkena penyakit di akibatkan virus dan bakteri seperti mata ayam aduan mudah berair, mata ayam bengkak, warna kelopak mata pun menjadi merah dan sayu. Apabila ayam aduan sudah menunjukan ciri ciri seperti itu langkah yang harus di lakukan adalah memisahkan ayam aduan dengan ayam yang lain agar tidak terkena pada ayam aduan yang sehat. Penyakit mata ayam aduan di akibatkan karena virus dan bakteri bisa di obati dengan 3 cara.

Cara mengobati penyakit mata pada ayam aduan di karenakan virus dan bakteri antara lain :
– Menggunakan obat tetes mata manusia
Apabila penyakit mata ayam aduan belum parah bisa gunakan obat tetes mata yang sering di gunakan pada umumnya oleh manusia. Dengan takaran sebanyak 3 tetes. Berikan obat mata pada pagi dan sore hari.
– Obat mata khusus ayam (Eye Chick)
Jika ayam setelah di berikan obat tetes mata manusia namun belum mengalami efek atau belum membaik bisa di berikan obat mata khusus ayam (Eye Chick). Untuk mendapatkan obat mata ini bisa langsung ke toko khusus binatang.
– Daun sirih
Daun sirih juga di percaya bisa mengobati penyakit mata pada ayam aduan yang terkena virus dan bakteri. Cara penggunaannya dengan memeras daun sirih dan tetes kan perasan daun sirih ke mata ayam yang sedang sakit. Perasan daun sirih bisa di berikan setiap malam dan pagi hari hingga mata ayam benar benar sembuh.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.