Cara Merawat Ayam Aduan Saat Ganti Bulu

Cara Merawat Ayam Aduan Saat Ganti Bulu Dengan Baik Dan Benar

sabung ayam online – Sebagai para pencinta ayam atau pun para botoh tentunya akan mengetahui bahwa ayam aduan akan mengalami proses pergantian bulu atau di sebut dengan mabung. Pergantian bulu akan terjadi secara rutin sestiap tahunnya. Cara merawat ayam aduan saat ganti bulu sangat perlu di ketahui oleh para botoh pemula agar tidak salah dalam merawat ayam aduan yang sedang ganti bulu.

Ganti bulu atau mabung biasa terjadi pada ayam aduan yang berusia kurang lebih 7-8 bulan, sedangkan untuk mabung selanjutnya atau bisa di sebut dengan ngurak. Ngurak biasa terjadi pada ayam aduan biasanya 10 bulan atau setahun sekali. Ayam aduan yang sedang melakukan proses pergantian bulu atau mabung sangat perlu di perhatikan keadaannya. Cara merawat ayam aduan saat ganti bulu sangat di butuhkan karena pada saat ayam aduan sedang ganti bulu atau mabung sangat membutuhkan gizi, protein, mineral dan vitamin yang cukup untuk membantu perkembangan keadaan fisik ayam aduan tersebut.

Ayam aduan yang sedang proses gant bulu atau mabung sangat lemah. Cara merawat ayam aduan saat ganti bulu yang biasa para botoh pemula tahu ketika ayam aduan sedang proses pergantian bulu atau mabung segera lakukan pencabutan pada bulu yang telah mati, misalnya seperti bulu yang patah atau bulu yang pangkalnya sudah berwarna putih. Berikan makanan dengan mencampur voor dan nasi untuk mempercepat perontokan bulu. Proses ganti bulu merupakan proses istirahat yang panjang untuk ayam aduan.

Cara merawat ayam aduan saat ganti bulu dengan baik dan benar sebagai berikut :

1. Ayam aduan yang sedang ganti bulu lebih baik jangan di adu karena pada proses ganti bulu keadaan mental ayam aduan tidak stabil bahkan menurun. Apabila ayam aduan di paksa di adu takutnya ayam aduan bisa jatuh mental.

2. Ayam aduan yang sedang ganti bulu harus di berikan makanan yang bagus dan ekstra vitamin agar tubuh ayam aduan tidak kekurangan zat zat yang di butuhkan dalam tubuh ayam aduan tersebut. Dan agar setelah ayam aduan sudah selesai ganti bulu otot ayam aduan tidak terlalu kendor. Namun pemberian makanan yang bergizi untuk ayam aduan yang sedang ganti bulu juga tidak boleh di berikan secara berlebihan karena akan membuat ayam aduan menjadi gemuk.

3. Ayam aduan yang sedang ganti bulu harus di berikan minyak ikan minimal seminggu sekali atau seminggu dua kali. Minyak ikan untuk ayam aduan yang sedang proses ganti bulu sangat bagus. Minyak ikan untuk mempercepat pertumbuhan bulu pada ayam aduan. Di dalam kandungan minyak ikan kaya akan vitamin, protein, kalsium, dan serat kasar yang baik untuk memenuhi gizi ayam aduan.

4. Ayam aduan yang sedang ganti bulu jangan terlalu sering di umbar karena panas matahari dapat memperlambat pertumbuhan bulu yang belum mecah. Namun banyak yang percaya apabila ayam aduan sedang proses pergantian bulu atau mabung harus sering di jemur agar proses pergantian bulunya lebih cepat tetapi tidak sepenuhnya benar. Panas matahari memang bagus untuk bulu yang sudah mulai mecah akan tetapi tidka bagus untuk ayam aduan yang bulunya baru akan keluar. Untuk tahap awal lebih baik ayam aduan jangan terlalu sering di umbar. Dengan umbar ayam aduan cukup seminggu 2x untuk melemaskan otot otot pada ayam aduan dan jangan terlalu lama di umbar.

Untuk ayam aduan yang sedang ganti bulu harus lebih di perhatikan karena bulu yang masih muda jangan sampai rusak ataupun patah apalagi di bagian sayap karena bulu muda yang sudah rusak nanti akan tumbuh bulu baru yang tidak bagus, tidak lurus bahkan kriting.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *