Kandang Yang Bagus dan Cocok Untuk Ayam Aduan

Jenis Kandang Yang Bagus dan Cocok Untuk Ayam Aduan

sabung ayam online – Setiap tahunnya pencinta ayam mengalami kenaikan dari generasi ke generasi dan mengakibatkan terbukanya kesempatan untuk membudidayakan ayam aduan sehingga mempunyai prospek yang bagus dan menjanjikan. Untuk memelihara ayam aduan membutuhkan kandang yang bagus dan cocok untuk ayam aduan. Kandang merupakan sarana yang di butuhkan untuk para pemilik ayam aduan apabila tanpa kandang yang bagus dan cocok ayam yang sudah di besarkan akan mudah terserang penyakit.

Kandang Yang Bagus dan Cocok Untuk Ayam Aduan

Kandang yang bagus dan cocok untuk ayam aduan yang dapat menjadi tempat hidup nyaman untuk ayam aduan. Kandang ayam aduan bisa di bangun sesuai keinginan sang pemilik ayam aduan. Tetapi ada hal hal yang perlu di perhatikan untuk membangun kandang yang bagus dan cocok untuk ayam aduan, antara lain :

1. Membuat kandang ayam harus agak jauh dari lokasi tempat tinggal minimal berjarak 5 meter dari rumah dan dari kandang ayam lainnya tetapi tetap harus perhatikan keadaan sekitar lingkungan.
2. Bentuk tanah harus datar dan memiliki pohon pohon pelindung yang dapat mengatur sirkulasi udara dan intensitas sinar matahari ke dalam kandang, memiliki saluran air yang lancar agar saat hujan air tidak menggenangi lingkungan sekitar kandang ayam.
3. Diutamakan kandang ayam dekat dengan tanah yang di tumbuhi rumput karena ayam sangat menyukai rumput untuk pengganti serat. Pastikan lokasi untuk membuat kandang ayam aduan harus nyaman agar ayam tidak terasa terganggu.
4. Arah kandang ayam aduan juga harus menghadap sinar matahari pagi dan sejalur dengan arah angin untuk menghindari penularan penyakit yang bisa terkena ayam aduan dari luar.
5. Kandang juga harus di pagari secara permanen bisa menggunakan semen dan batu bata tetapi bisa dengan bambu dan kawat juga cukup.
6. Kandang ayam harus memiliki ketinggian yang cukup dari permukaan tanah sekurang kurangnya 50 cm.
7. Kaki kandang ayam harus di alas dengan batu atau dengan bahan bahan yang berbentuk keras agar menghindari kelapukan pada kaki kandang ayam.
8. Kandang ayam harus memiliki ventilasi yang baik agar ayam di dalam kandang selalu mendapatkan udara yang segar.

Bukan hanya butuh mengetahui cara membuat kandang yang bagus dan cocok untuk ayam aduan saja tetapi harus sering di perhatikan juga kebersihan kandang ayamnya apabila kandang ayam aduan nya kotor atau jorok akan membuat ayam aduan sangat mudah terkena penyakit dari luar. Percuma apabila sudah membuat kandang yang bagus dan cocok untuk ayam aduan tetapi kebersihannya tidak di perhatikan juga.

Sudah di jelaskan bagaimana membangun kandang yang bagus dan cocok untuk ayam aduan. Jenis kandang yang cocok untuk ayam aduan beserta desain dan ukurannya antara lain :

1. Kandang umbaran satuan
Kandang umbaran satuan adalah kandang yang multifungsi. Kandang ini dapat di gunakan sebagai kandang ayam yang kawin, dan bisa menjadi kandang anakan ayam usia 1,5-3 bulan. Kandang ini di bangun dengan ukuran ideal panjang 1,5 meter dan lebar 1 meter dan timgg 2,5 meter. Alas kandang sebaiknya berupa tanah yang di campuri pasir karena alas seperti itu bermanfaat membentuk struktur cakar dan jari jari ayam aduan.

2. Kandang postal
Kandang ayam postal khusus untuk anak ayam yang baru menetas. Ukurannya lebih kecil dari kandang umbaran satuan. Panjang kandang postal 1 meter, lebar 0,8 meter dan tinggi 1 meter. Ukuran kandang postal yang pada umumnya bisa menampung 10-15 anakan ayam yang baru menetas. Untuk kandang ayam jenis postal ini harus terbuat dari kawat dam bagian dalamnya harus di lengkapi dengan pemanas yang terbuat dari bohlam dan alasnya di beri padi untuk menjaga kelembaban dan di ganti minimal 3 hari sekali.

3. Kandang tidur
Kandang tidur ini di buat khusus untuk ayam aduan tidur di malam hari. Alas kandang tidur ini harus di tinggikan dengan bentuk panggung minimal 1,5 meter dari tanah untuk menghindari suhu tanah yang dingin saat malam.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.