Mengenal Penyebab Penyakit Berak Hijau Pada Ayam Dan Cara Mengobatinya

sabung ayam online – Penyakit berak hijau dapat menyerang pada semua jenis ayam baik ayam aduan, ayam boiler, ayam pedaging, dan ayam petelur. Penyebab penyakit berak hijau pada ayam di sebabkan oleh jenis bakteri yang membahayakan antara lain bakteri Pasteurella Multocida dan Salmonella Pullorum.

Penyebab Penyakit Berak Hijau Pada Ayam

Penyebab penyakit berak hijau pada ayam berasal dari warna cairan empedu ayam. Kejadiannya bisa di sebabkan oleh bermacam macam penyebab antara lain ayam tidak makan, ND, kolera, Al, malaria.

Faktor penyebab penyakit berak hijau pada ayam akan menganggu proses pembentukan cairan empedu maupun proses perubahan cairan empedu saat di usus. Jika di perhatikan lebih dalam lagi masing masing faktor penyebab tersebut akan membuat ayam mengalami berak hijau dengan tekstur yang berbeda.

Penyakit berak hijau ini bisa menyerang ayam di semua umur bahkan telur yang di hasilkan dari ayam induk yang terkena penyakit berak hijau ini telur pun akan terjangkit juga sehingga anakan yang menetas dapat tertular oleh virus ini. Penyakit berak hijau menyerang sistem pencernaan dan pernafasan dan penularan penyakit ini bisa terjadi melalui kontak langsung, makanan ataupun tempat makanan dan kandang.

Penyebab penyakit berak hijau pada ayam bisa di sebabkan dari kandang yang lembab yang terjadi pada musim penghujan tiba. Selain dari kandang virus juga bisa berkembang pada kondisi makanan ayam yang kurang baik misalnya makanan yang sudah membau juga makanan yang di simpan dalam keadaan lembab sehingga bakteri tersebut dapat berkembang dan apabila makanan yang terkena virus dan di konsumsi oleh ayam yang sehat maka ayam akan terjangkit virus juga.

Untuk mencegah penyakit berak pada ayam bisa di lakukan pembersihan kandang dari kotoran ayam dan menghindari kandang dari kelembaban dan kandang tidak di tempatkan pada daerah yang gelap atau pun lembab contohnya di bawah pohon, di dekat kolam atau di tanah yang becek.

Penyebab Berak Hijau Pada Ayam Aduan :

1. Non infeksi

Berak hijau akan muncul saat ayam tidak memperoleh makanan. Berak hijau akan mulai muncul lebih dari 13 jam setelah di dalam saluran pencernaan ayam tidak ada makanan. Ayam akan mengalami diare kehijauan dan berlendir. Beberapa kondisi yang dapat di temukan berak hijau ini antara lain saat DOC baru datang ke kandang, saat ayam petelur tidak di berikan makanan secara paksa dengan tujuan peremajaan kembali. Khusus untuk DOC terutama yang belum di beri makanan maka warna kotorannya atau feses dari coklat hingga kehijauan di katakan normal. Hal ini karena pencernaan DOC belum berjalan dengan baik begitu pula dengan flora normal di usus yang belum berkembang dengan baik. Di tambah lahi ayam yang belum di berikan makanan dari luar sehingga saluran pencernaan ayam menjadi kosong. Apabila hingga beberapa jam setelah di beri makanan feses ayam masih tetap hijau harus di lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Berak hijau non infeksi nafsu makan ayam baik baik saja namun bisa di perlihatkan oleh ayam yang mematuk matuk liter atau benda di sekitarnya untuk mencari makanan.

2. Infeksi

Berak hijau yang di karenakan infeksi selalu di sertai dengan gejala klinis dan perubahan gambaran bedah bangkai. Penurunan nafsu makan karena infeksi bisa menjadi pemicu awal terjadinya berak hijau. Satu hal yang membedakan antara feses hijau karena infeksi dengan non infeksi adalah nafsu makan.

Gejala Ayam Terkena Penyakit Berak Hijau :

Gejala yang muncul apabila ayam terkena penyakit berak hijau ayam akan terlihat pucat yang di tandai dengan jengger berwarna gelap atau biru, nafsu makan hilang, di sekitar pantat ayam berwarna putih dan lengket serta kotoran berwarna hijau. Apabila ayam sudah mengalami tanda tanda seperti itu maka harus segera di lakukan pengobatan namun dalam pengobatan harus pahami terlebih dahulu penyebab penyakit berak hijau pada ayam agar tidak salah dalam pengobatan.

Cara Mengobati Berak Hijau Pada Ayam :

1. Pisahkan ayam yang terkena penyakit berak hijau dalam kandang khusus untuk menghindari penularan pada ayam lain yang sehat.

2. Berikan makanan nasi atau makanan yang mudah di cerna ayam yang tidak mudah busuk, hindari pemberian makanan yang berasal dari voer atau bekatul karena makanan jenis itu mudah busuk dalam tembolok ayam dan akan membuat kondisi ayam semakin memburuk.

3. Ayam yang terkena penyakit berak hijau dapat di suntik dengan menggunakan Medoxy-l sesuai dosisnya dan penyuntikan di ulang dalam selang tiga hari.

Cara pengobatan penyakit berak hijau merupakan obat yang cukup ampuh untuk menyembuhkan ayam yang terkena penyakit berak hijau. Selain obat suntik seperti diatas juga ada jenis obat antibiotik yang juga biasa digunakan oleh peternak ayam, antara lain coccilin, furozolidon, noxal, ampisol.
Berak hijau sangat berbahaya bagi ayam apalagi pada pergantian musim di mana ayam akan lebih mudah terserang penyakit seperti ini, sangat di sayangkan apabila ayam kesayangan terkena penyakit berak hijau ini, oleh karena itu cegahlah dengan selalu menjaga kebersihan kandang dan menjaga sanitasi lingkungan kandang.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.com.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *