Tips Merawat Anak Ayam Aduan Agar Cepat Besar

Tips Merawat Anak Ayam Aduan Agar Cepat Besar Yang Wajib Diketahui

sabung ayam online – Masa pertumbuhan pada anak ayam aduan dari mulai menetas hingga dewasa sangat memerlukan beberapa tips merawat anak ayam aduan agar cepat besar dengan baik dan benar agar menghasilkan ayam aduan yang berkualitas.

Tips merawat anak ayam aduan agar cepat besar bisa di lakukan dari usia anak ayam berusia 0-5 bulan karena pada masa ini yang akan menentukan anak ayam aduan tumbuh dengan cepat dan baik atau sebaliknya.

Untuk para botoh pemula pasti akan sangat sulit melakukan tips merawat anak ayam aduan agar cepat besar karena anak ayam yang baru menetas akan sangat mudah terkena penyakit dan sangat memerlukan perhatian yang lebih.

Untuk menghasilkan ayam aduan yang berkualitas bukan hanya harus melakukan tips merawat anak ayam aduan agar cepat besar namun para botoh juga harus mengeluarkan banyak modal karena harus memperhatikan perawatan anak ayam mulai dari penyediaan kandang, memberikan makanan yang sehat dan vitamin vitamin yang membantu pertumbuhan anak ayam tersebut.

Anak ayam aduan yang di rawat sejak kecil dengan perawatan yang baik dan benar akan membuat ayam aduan lebih cepat bertumbuh. Artikel kali ini akan membahas tips merawat anak ayam aduan agar cepat besar agar para botoh pemula bisa merawat anak ayamnya dengan langkah yang baik dan benar.

Tips merawat anak ayam aduan agar cepat besar antara lain :

1. Memisahkan dengan indukan

Tips merawat anak ayam aduan agar cepat besar pertama adalah memisahkan dengan induknya. Apabila ingin anak ayam lebih cepat berkembang lebih baik di pisahkan dari induknya hal ini untuk menghindari dari penyakit yang ada di sekitar dan mencegah dari suhu yang dingin yang menghambat pertumbuhan anak ayam tersebut.

2. Menempatkan ke kandang khusus

Perawatan anak ayam yang baru menetas yang paling penting adalah untuk menjaga suhu dalam kandang supaya tetap hangat dan memungkin adaptasi dengan lingkungan baru. Menempatkan anak ayam ke kandang khusus atau lebih kandang yang tertutup juga mempengaruhi pertumbuhan anak ayam. Untuk menjaga suhu tetap hangat di malam hari kandang anak ayam bisa di gunakan lampu bohlam sebagai pengganti induk anak ayam tersebut. Menempatkan anak ayam ke dalam kandang khusus di lakukan sampai anak ayam berusia kisaran 3 minggu – 1 bulan. Setelah sudah melewati kisaran tersebut anak ayam bisa di pindahkan ke kandang yang lebih besar lagi dan masih menggunakan lampu untuk menjaga kehangatan di dalam kandang anak ayam.
Cara mengetahui kenyamanan anak ayam di dalam kandang seperti berikut :
– Bila suhu terlalu panas anak ayam akan bergerombol menjauhi lampu
– Bila suhu terlalu dingin anak ayam akan bergerombol mendekati lampu
– Bila suhu yang pas akan membuat anak ayam menyebar
Untuk mengatasi masalah suhu yang tidak sesuai bisa di lakukan dengan mengganti lampu yang sesuai dengan watt yang di butuhkan

3. Memberikan makanan yang bergizi

Makanan bergizi sangat penting dalam pertumbuhan anak ayam namun dalam pemberian makanan yang bergizi harus sesuai dengan usia anak ayam. Untuk anak ayam yang baru berusia 2 hari -2 bulan bisa berikan voor murni pabrik atau bisa di berikan voor khusus. Pemberian minum untuk anak ayam juga sangat penting karena air minum untuk mempercepat pencernaan anak ayam. Dalam pemberian makan dan minum jangan secara sembarangan atau berantakan. Pemberian makan pada anak ayam bisa di lakukan 4 kali sehari atau paling tidak 3 kali sehari.

4. Memberikan vitamin

Memberikan vitamin bisa di lakukan dengan menambahkan susu bubuk yang di campurkan dengan makanan sekitar 4 : 1 untuk memenuhi kebutuhan gizi anak ayam terutama untuk tulang. Dan bisa berikan vitamin pada minuman anak ayam agar anak ayam terhindari dari berbagai penyakit yang sangat mudah menyerang anak ayam. Dalam pemberian vitamin perhatikan dosis yang di berikan pada anak ayam.

5. Memotong bulu anak ayam

Bulu pada anak ayam di percaya bisa menghabiskan banyak porsi gizi dari makanan yang di konsumsi anak ayam oleh karena itu sangat perlu di lakukan penanganan khusus pada bulu anak ayam. Penanganan yang di maksud yaitu dengan memotong bulu anak ayam. Memotong bulu anak ayam bisa di lakukan pada 3 minggu pada setengah bagian bulu sayap dan ekor. Jangan memotong bulu anak ayam yang masih ada darahnya. Pada saat anak ayam sudah berusia 2 bulan atau pada saat bulu leher pada anak ayam mulai rontok dengan sendirinya dan cabutlah sisa sisa bulunya yang belum rontok pada dada dan paha.

6. Perawatan intensif

Tips merawat anak ayam aduan agar cepat besar yang terakhir adalah perawatan intensif. Untuk perawatan intesif bisa berikan vitamin seperti kalsium untuk mempercepat pertumbuhan tulang dan pemberian vitamin agar ayam lebih cepat bertumbuh dan tidak mudah sakit.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.